ads

kudusnet.com

Informasi Lugas dan Terpercaya

Supervisi Akademik di PAUD Salwa Al-Firdaus

Kudusnet.com
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Penulis: Riyan Dwi Cahyaningsih

Dalam manajemen pengelolaan sebuah sekolah tentunya dibutuhkan adanya supervisi untuk mengetahui dan mengevaluasi segala masalah dan kekurangan yang ada di sekolah. Supervisi dapat dilakukan oleh kepala sekolah, pemilik Yayasan atau pengawas sekolah. Adapun orang orang yang mensupervisi di sekolah terkait, tentunya sudah diketahui jauh-jauh hari serta tidak tiba-tiba dilaksanakan, hal ini dikarenakan agar guru yang disupervisi mempersiapkan dengan baik materi dan segala sesuatu yang disupervisi. Apabila supervisi dianggap sebagai sesuatu kegiatan yang menakutkan bagi sebagian guru, hal ini tidak terlepas dari metode atau komunikasi yang kurang baik antara guru dan kepala sekolah sehingga terkesan disidak.

Harapan supervisi dilakukan dengan santai tentunya menimbulkan kenyamanan bagi guru sebagai objek supervisi.  Kenyaman guru sangat penting ketika disupervisi karena dengan hal tersebut supervisor lebih mudah menggali permasalahan yang terkait dengan proses pembelajaran. Seperti halnya supervisi yang dilakukan di PAUD Salwa Al-Firdaus ini guru disupervisi oleh kepala sekolah yakni oleh ibu Siti Zahroh, A. Ma. yang memiliki kewajiban mengatur sekolah, bekerja sama atau berhubungan dengan masyarakat, membangkitkan semangat guru dan staf agar lebih baik, memelihara kekeluargaan untuk persatuan guru dan peserta didiknya, serta bisa mengetahui kesejahteraan guru dan pegawainya, dan mampu mengembangkan kurikulum.

PAUD Salwa Al-Firdaus merupakan sekolah yang berada di wilayah kecamatan Jekulo Kudus dan sangat eksis dalam kegiatan keterampilan-keterampilan yang mendukung kemampuan siswa menjadi semakin aktif, kreatif, dan yang paling penting taat terhadap norma-norma kehidupan seperti melatih taat menjalankan ibadah tepat waktu, mengenal doa-doa keseharian, dan melatih siswa untuk menghormati orang tua, guru, dan bersosialisasi terhadap lingkungan sekitar.

Kegiatan supervisi kali ini dilakukan untuk proses pembinaan penggunaan teknologi pembelajaran dalam meningkatkan kualitas pendidikan di PAUD Salwa Al-Firdaus, dalam upaya ini proses identifikasi kebutuhan di lapangan dilakukan untuk mengetahui sejauh mana proses pembelajaran yang sudah mengadopsi teknologi dalam pembelajaran. Proses pembelajaran yang dilakukan mengedepankan proses pembelajaran yang menyenangkan dan berbasis kearifan lokal daerah Kudus serta mengedepankan teknologi pembelajaran merupakan proses yang dilakukan untuk memberikan pembelajaran dan kualitas unggul bagi siswa siswa PAUD Salwa Al-Firdaus.

Dengan tujuan pengawasan dan supervisi yang baik dalam pendidikan tidak lain dari usaha memberikan layanan kepada pemangku kepentingan pendidikan, terutama kepada guru-guru, baik secara individu ataupun kelompok dalam usaha memperbaiki kualitas proses dan hasil pembelajaran. Untuk itu supervisor yang baik diharapkan dapat dan mampu untuk mengetahui apakah kegiatan pembelajaran berjalan sesuai rencana yang telah digariskan, mengetahui segala kelemahan dan kesulitan guru dalam proses belajar mengajar. Selain itu supervisi sangat penting dalam meningkatkan mutu pendidikan. Disamping itu mutu pendidikan diperlukan beberapa pendekatan yaitu dengan melakukan perbaikan secara berkala, menentukan standar mutu dan proses pembelajaran yang baik oleh guru kepada peserta didiknya.

Mengelola pendidikan bukanlah hal yang mudah untuk mengilustrasikan sebuah kualitas tujuan yang sebenarnya, oleh karenanya, setiap sekolah diperlukan adanya manajemen yang efektif, efisien, dan pengawasan yang melekat agar proses pembelajaran berlajan dengan lancar. (red/RDC)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *