ads

kudusnet.com

Informasi Lugas dan Terpercaya

Kuliner Legendaris Khas Tambakromo Pati Yang Ramah di Kantong

Kudusnet.com
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Setiap daerah pasti memiliki makanan khas masing-masing dan memiliki keunikan tersendiri. Tak terkecuali Kabupaten Pati, daerah yang terletak di antara Kabupaten Kudus dan Rembang ini. Salah satunya adalah nasi tewel atau yang biasa disebut sego tewel dalam bahasa jawa, merupakan makanan khas Pati yang banyak dijumpai di Tambakromo.

Tewel merupakan istilah sayur nangka muda seperti yang ditemukan pada nasi gudeg. Salah satu cita rasa yang nikmat ada pada kuah pedasnya yang ditambah cabai dipotong kasar menambah selera bagi pecinta pedas.

Nasi dengan guyuran sayur tewel mampu membuat siapapun yang mencobanya ketagihan. Lebih uniknya lagi nasi tewel ini selalu disajikan di atas daun jati. Makanan legendaris ini juga dapat memunculkan aroma khas yang menambah kelezatan.

Sumber : https://tic.patikab.go.id/wisata/detail/nasi-tewel

Di Tambakromo dapat banyak dijumpai warung tradisional yang menyajikan sego tewel. Salah satu yang paling legendaris ialah warung Sego Tewel Mbah Rasiah yang sudah dikelola selama tiga generasi sejak tahun 1988.

Satu porsi nasi tewel dijual dengan harga yang terjangkau, sehingga pengunjung yang datang selalu ketagihan dan tidak cukup jika hanya memesan satu porsi saja.

Selain di Tambakromo, kini warung-warung yang menyajikan sego tewel mudah ditemukan di wilayah lain Pati. Warung sego tewel juga sudah tersebar di wilayah Pati Kota, termasuk di kompleks wisata kuliner Alun-Alun Kembangjoyo.

Gimana menurut kalian dengan cita rasa khas kuliner legendaris ini? Selagi di Tambakromo, kurang rasanya jika belum mencicipi makanan khas ini.

(WRS, KAR, DNRD)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *