ads

kudusnet.com

Informasi Lugas dan Terpercaya

Perkembangan Museum Kretek Tahun 2021

Kudusnet.com
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

KUDUS, kudusnet.com Museum Kretek adalah salah satu wisata yang ada di Kudus. Museum kretek berdiri di bawah pengelolaan PEMDA (Pemerintah Daerah). Museum Kretek terletak di Getas Pejaten Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus. Bapak Sholikin selaku staf UPT Museum Kretek mengatakan, “Infrastruktur di Museum Kretek semakin membaik.” (24/11/2021).

Tiket masuk ke Museum mengalami kenaikan  semenjak pandemi. Tiket masuk menjadi 4.000/orang untuk hari biasa dan 5.000/orang untuk hari libur. Museum Kretek juga dilengkapi dengan berbagai permainan anak-anak, kolam renang, rumah adat, bioskop dan replika rumah kapal. Namun untuk bisa masuk ke kolam renang dikenakan biaya 15.000/orang.

Museum Kretek dibuka mulai pukul 08.00 s.d. 15.00 WIB untuk hari libur dan mulai pukul 09:00 s.d. 15.00 WIB untuk hari-hari biasa. Jumlah pengunjung semenjak pandemi mengalami penurunan sebesar 75%. Hasil dari penjualan tiket diberikan kepada PEMDA.

Pihak Museum akan mendapatkan biaya pengelolaan museum setiap satu tahun sekali dari pihak PEMDA. Salah satu perbaikan yang dilakukan oleh pihak Museum untuk pengelolaan Museum adalah penggantian Sirap (Atap Museum Kretek) yang sekarang diganti menggunakan genting.

Pengunjung museum kretek selain warga lokal juga banyak dari warga luar seperti Pati dan Demak. Beliau mengatakan, “Hari ini pengunjung museum lumayan banyak karena ada rombongan dari Pati.”

Sebelum pandemi, ada beberapa pengunjung dari luar negeri seperti Spanyol dan Jepang. Namun ketika ada pengunjung luar negeri pihak museum mengalami kesulitan dalam berkomunikasi. “Karena pengetahuan dan pengalaman saya yang kurang, sehingga saya kurang bisa menjelaskan kepada pengunjung luar negeri tersebut.” Tutur Sholikin. 

Untuk saat ini, Eksistensi Museum Kretek mengalami penurunan karena semakin banyak tempat wisata yang lebih menarik. (Id dan Hus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *