kudusnet.com

Informasi Lugas dan Terpercaya

Kunjungan Peserta Didik SDIT Ya Ummi Fatimah Pati ke Museum Kretek Kudus

Kudusnet.com
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

KUDUS, kudusnet.com – Museum Kretek sebagai salah satu destinasi wisata di Kabupaten Kudus masih memiliki daya tarik bagi wisatawan.

Peserta didik dari SDIT Ya Ummi Fatimah Pati mengadakan kunjungan ke Museum Kretek Kudus pada Rabu (24/11/2021) dalam rangka Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Kegiatan ini adalah program terencana yang dilaksanakan setiap satu semester.

Kunjungan ini dimulai dari hari Senin hingga Rabu, diikuti 154 siswa kelas 1-6 yang dibagi menjadi 3 sif. Ada 4 guru pendamping yang mengantar para siswa yakni 3 wali kelas dan 1 operator.

Supadi, S. Pd. selaku guru TIK dan operator menjelaskan bahwa tujuan kegiatan PPL tersebut adalah pengenalan sejarah Islam di Kudus, sejarah pabrik rokok, dan pengenalan Gusjigang di Museum Jenang.

“Ada 3 tempat yang menjadi tujuan kami yaitu Masjid Wali di Loram, Museum Kretek, dan Museum Jenang.” Tuturnya.

Supadi, S.Pd. salah satu guru SDIT Ya Ummi Fatimah Pati sedang diwawancarai tim redaksi kudusnet.com pada Rabu (24/11/2021)

Lelaki berusia 35 tahun itu menambahkan, “Armada yang kami gunakan lain dari yang lain. Kami menggunakan 2 bus Shantika Suite Premium Class isi 21-22 seat. Hari ini ada 39 anak dari kelas 3, 4, dan 5 yang mendapat sif berkunjung ke Kudus.” Ujarnya.

Kegiatan serupa juga dilaksanakan SDIT Ya Ummi Fatimah Kudus hari Minggu yang lalu. Menariknya, pihak sekolah telah menyusun buku Lembar Kegiatan Siswa (LKS) khusus PPL yang akan diisi oleh para siswa sebagai laporan PPL.

“Anak-anak sangat antusias sekali mengikuti kegiatan hari ini.” Tegas Supadi dengan tersenyum bangga.

Novi Noor Hayati (Guide/Educator Museum Kretek Kudus)

Menurut Novi Noor Hayati (29) selaku Guide/Educator Museum Kretek Kudus, jumlah pengunjung sebelum pandemi dibandingkan dengan ketika pandemi mengalami penurunan. Namun, masih saja ada banyak wisatawan domestik yang mengunjungi museum.

Novi menjelaskan, “Biasanya kami mendapat kunjungan dari luar kota maupun luar Jawa seperti Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Aceh, dan Sulawesi. Negara lain yang pernah berkunjung ke sini antara lain Singapura, Malaysia, USA, Tiongkok, Belgia, dan kebanyakan dari Belanda.” (Elang, Henny)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *