ads

kudusnet.com

Informasi Lugas dan Terpercaya

Prodi PBSI UMK Melaksanakan Pembelajaran Luring

Kudusnet.com
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Proses pembelajaran luring pada mata kuliah Jurnalistik Daring di Gd. L lantai II. Selasa (02/11/2021)

KUDUS, Kudusnet.com– Prodi PBSI (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) melaksanakan pembelajaran luring pada mata kuliah Jurnalistik Daring yang diampu oleh Muhammad Noor Ahsin. Pembelajaran luring diikuti oleh 17 mahasiswa angkatan 2019. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Gd. L lantai ll pada hari Selasa, 2 November 2021.

“Persiapan pembelajaran luring secara umum salah satu mahasiswa harus sudah vaksin untuk meningkatkan imunitas tubuh, mahasiswa wajib menggunakan masker, saat didalam kelas mahasiswa harus tetap menjaga jarak, dan dilarang bersalaman,” tutur Muhammad Noor Ahsin.

Ia mengatakan persiapan sebelum pembelajaran luring terbagi menjadi dua yaitu secara umum dan secara khusus. Secara umum salah satu mahasiswa sudah divaksin untuk meningkatkan imunitas tubuh, mahasiswa wajib mematuhi protokol kesehatan, tetap jaga jarak, dan dilarang berjabat tangan. Sedangkan secara khusus, dimata kuliah jurnalistik daring materinya lebih menuju ke praktik daripada teori.

“Pembelajaran luring dilaksanakan sesuai dengan SK (surat keterangan) yang dikeluarkan oleh Rektor UMK (universitas Muria Kudus) pada tanggal 18 Oktober dengan ketentuan tidak semua prodi atau jurusan melaksanakan pembelajaran luring secara serentak. Begitu juga mahasiswa yang sudah merindukan perkuliahan tatap muka” ucap Muhammad Noor Ahsin.

Ia juga menyampaikan proses pembelajaran luring pada hari ini langsung pada tahap praktik menjadi admin kudusnet.com mengunggah tulisannya masing-masing di website. Kalau sudah diunggah masing-masing mahasiswa mengoreksi hasil tulisan temannya.

“Saya sebagai pengampu mata kuliah jurnalistik daring berharap mahasiswa itu terampil menulis liputan jurnalistik, mahasiswa terampil menunggah tulisan di website, dan terampil mengelola website. Saya yakin penulisan berita dibeberapa tempat sudah banyak mengarah ke digital. Beberapa media ternama seperti suara merdeka, Kompas. Media tersebut sudah mempunyai website. Website yang dikelola dengan baik akan mendapatkan income berupa iklan. Karena nyawa dari media adalah iklan, tanpa iklan berita akan mati” Ucap Muhammad Noor Ahsin.

Salah satu mahasiswa PBSI bernama Heru merasa senang dengan adanya pembelajaran luring. ia mengatakan bahwa ia merasa senang karena belum pernah ada mata kuliah yang dilaksanakan secara luring.

“Saya merasa sangat senang karena belum pernah ada mata kuliah yang dilaksanakan secara luring. Karena pembelajaran luring itu mahasiswa lebih memahami materi yang disampaikan oleh dosen” ucap Heru.

Heru juga mengatakan untuk tetap menerapkan 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan) dan perkuliahan hari ini sudah sesuai dilaksanakan luring karena praktik mengunggah tulisan di website sehingga mempersiapkan laptop. (Isna dan Intan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *