kudusnet.com

Informasi Lugas dan Terpercaya

Pelaksanaan Simulasi ANBK SD 1 Barongan Kudus

Kudusnet.com
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Pelaksanaan simulasi ANBK di SD 1 Barongan Kudus, Senin (25/10/2021)

KUDUS, kudusnet.com – SD 1 Barongan Kudus melaksanakan simulasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) bertempat di ruang UKS, pada Selasa (19/10/2021). Pelaksanaan simulasi tersebut diikuti oleh sekitar 35 siswa yang terbagi menjadi 2 shift.

Shift pertama dimulai pukul 07.00 WIB, sedangkan shift kedua dimulai pukul 09.00 WIB. Pelaksanaan simulasi shift 1 sempat mengalami kendala disebabkan server selalu error. Proktor dan tim teknis sempat mereset aplikasi exambrow dan bandwidth juga sudah dinaikkan 50Mbps, tapi server pusat memang agak rewel. Agar tidak berlangsung terlalu lama, maka siswa dari shift 1 yang belum selesai digabungkan dengan shift 2.

Wahyul Huda SPd SD MPd dan Intan Wijayanti SI Pust bertugas sebagai proktor dan tim teknis yang mengurus semua operasional dan memandu para siswa dalam simulasi tersebut. Mereka berharap pelaksanaan ANBK pertengahan November nanti tidak mengalami kendala lagi sehingga bisa selesai 1 sesi.

Wahyul mengatakan, tujuan simulasi ANBK ini adalah untuk pengenalan sistem ANBK, untuk mengetahui kelemahan sistem yang ada, serta pengalaman untuk siswa dalam pelaksanaan ANBK November nanti.

Terlihat beberapa kepala sekolah, guru, dan penjaga sekolah dari SD lain yang hadir. Mereka datang untuk perekaman presensi faceprint online di SD 1 Barongan sebagai SD inti segugus Gajah Mada.

Wahyul mengemukakan, “Simulasi ANBK ini dilaksanakan SD di seluruh Indonesia. Dan wajib hukumnya. Jadwalnya 4 hari, dari hari Senin, Kudus sudah mulai kemarin dan kabupaten lain juga sudah.” Ungkap Wahyul.

Ketika disinggung mengenai Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), Wahyul menegaskan, “Pelaksanaan simulasi ANBK hari ini tidak mengganggu KBM. KBM tetap berjalan dan tidak mengganggu siswa yang lain. Siswa yang dipilih untuk mengikuti simulasi ANBK mengikuti pembelajaran sebentar, lalu kami minta meninggalkan kelas untuk menuju ruang simulasi. Anak-anak yang mengikuti juga antusias sekali.” Tegasnya. (Henny)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *