ads

kudusnet.com

Informasi Lugas dan Terpercaya

Mahasiswa Membangun Usaha dari Hobi Menanam Tanaman

Kudusnet.com
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

KUDUS, Kudusnet.comZaman sekarang, sudah bukan eranya lagi mahasiswa masih mengandalkan uang saku dari orang tua. Mahasiswa kini tak lagi gengsi menjalani usaha  di samping kesibukannya menuntut ilmu. Bermula dari posting tanaman di media sosial Facebook, menanam tanaman sayuran dan herbal yang dulu hanya sekadar hobi kini  menjadi sebuah peluang usaha baginya.

Dia adalah Ahmad Deni, sang pemilik usaha penjualan tanaman. Dia saat ini berkuliah di Universitas Muria Kudus. Mengambil jurusan pertanian. Kebetulan karena adanya virus Corona membuat kuliahnya banyak dilakukan secara daring. Di rumah dia membuat hobinya tersebut menjadi sebuah usaha.

“Waktu itu saya posting di status Facebook, langsung banyak yang tertarik, Sebenarnya ini bermula dari hobi. Kemudian menjadi sebuah usaha buat saya” Ujar Ahmad (15/11/2020).

Berbagai tanaman sayuran dan tanaman herbal terletak rapi di depan teras rumahnya yang terletak di Kecamatan Winong, Kabupaten Pati. Di halaman rumahnya tersebut terdapat berbagai macam jenis sayuran organik dan tanaman herbal seperti sawi, tomat, cabai seledri, daun mint, kumis kucing, lavender, dan jenis lainnya.

Ahmad  mengaku mulai memiliki hobi menanam tanaman pada awal tahun 2019. Ketika itu ia hanya memiliki 1 pot tanaman, kemudian ia perbanyak tanamannya.

“Dulu awalnya saya hanya memiliki satu pot tanaman saja, kemudian saya memperbanyak tanaman akhirnya sampai sebanyak ini”, ujar Ahmad.

Untuk tanaman yang saat ini sedang banyak peminatnya ialah daun mint. Harga tanaman satu pot Rp 5000- Rp 10.000  keuntungan yang ia peroleh dalam sebulan ialah Rp 250.000

“Sebulan sekitar Rp 250.000 keuntungan yang saya peroleh, Biasanya kalau rame bisa lebih dari itu tetapi kalau sepi tidak sampai segitu”, ujarnya.

Dalam sehari bisa 5 pembeli yang ia layani, pembelinya tidak hanya dari wilayah Pati saja. Ada yang dari luar kota mulai dari Kudus dan Jepara. Untuk pembelinya, kebanyakan berasal dari wilayah Pati.

“Saya sering beli tanaman herbal ke Ahmad karena tanamannya disana lengkap sesuai yang saya inginkan”, imbuh Yoga, salah satu pembeli tanaman. (Dwi Maula Fitria Ningrum)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *