ads

kudusnet.com

Informasi Lugas dan Terpercaya

Pusat Rehabilitasi Sosial dan KKN UIN Walisongo Gelar Kesehatan Mental dan Spiritual

Kudusnet.com
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

DEMAK, kudusnet.com – Kelompok 30 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negri Islam (UIN) Walisongo berkerja sama dengan Pusat Rehabilitasi Sakit Jiwa dan Narkoba Maunatul Mubarok Sayung Demak gelar rangkaian kesehatan mental dan spritiual bagi Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ), baru-baru ini.

Kegiatan sosial tersebut berjalan dengan lancar dari pagi sampai sore hari. Rangkaian kegiatan meliputi cek kesehatan, terapi pijat syaraf, dan senam ceria serta games.

Ahmad Faizun, selaku salah satu pengurus Pusat Rehabilitasi Sakit Jiwa Maunatul Mubarok mengatakan, “Kurang lebih ada 100 ODGJ yang melakukan rehabilitasi. Namun untuk kegiatan bersama Kelompok 30 KKN UIN Walisongo ini hanya 50 ODGJ saja yang mengikuti, karena memang tidak semua ODGJ dalam keadaan stabil,” ucapnya.

Memadukan pengobatan secara biologis dan spiritual Pusat Rehabilitasi ini telah berdiri sejak tahun 2005 dengan pasien di seluruh Indonesia. Hal inilah yang membuat kelompok 30 tertarik untuk mengadakan kegiatan bersama.

“Biasanya kita berkegiatan dengan orang yang jiwanya normal. Namun kali ini mencoba berhadapan langsung dengan orang yang mempunyai gangguan jiwa. Supaya kita tahu sebenarnya yang menyebabkan mereka seperti itu apa. Kita bisa lebih menghargai orang yang memiliki gangguan tersebut.” Ujar Wiji selaku penanggung jawab kegiatan.

Kegiatan ini pun disambut baik oleh Faizun karena menjadi salah satu bentuk perhatian kepada ODGJ. “Saya mengucapkan terima kasih kepada teman-teman yang sudah mau berkegiatan bersama disini. Ikut merasakan bagaimana rasanya menyatu bersama ODGJ.” ujarnya.

Faizun berharap Dinas terkait maupun masyarakat luas bisa memberi perhatian lebih kepada ODGJ karena mereka juga sama seperti kita pada umumnya.

“Tentunya kami sangat berharap Dinas-dinas terkait maupun masyarakat luas bisa ikut membantu kegiatan di PRS ini. Tidak hanya secara materi namun juga bisa dalam program-program yang dilaksanakan di sini,”pungkasnya. (Redaksi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *