ads

kudusnet.com

Informasi Lugas dan Terpercaya

Prodi PBSI UMK Hadirkan Dr. Agus Darmuki dalam Kuliah Perdana

Kudusnet.com
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

KUDUS– Tips dan trik agar ketika lulus dari Prodi PBSI langsung mudah mendapatkan kerja, pertama adalah bangunlah relasi atau jejaring sejak Anda jadi mahasiswa. Kedua, Anda harus punya kompetensi teoretis dan kompetensi praktis. Jika kompetensi dan jejaring sudah Anda punya, nanti masyarakatpun tentu akan mencari dan membutuhkan keahlian dan kompetensi Anda.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Dr. Agus Darmuki, M.Pd., dalam acara kuliah perdana yang diadakan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Prodi PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muria Kudus (UMK) pada Rabu, (30/09) yang diadakan secara daring menggunakan zoom meeting.

Acara yang dimoderatori oleh Eko Widianto, M.Pd., tersebut berjalan dengan lancar dan dihadiri oleh sekitar 120 peserta baik dari mahasiswa PBSI dan mahasiswa dari fakultas lain yang mengikuti kuliah MKU Bahasa Indonesia.

Agus Darmuki yang merupakan akademisi dari IKIP Bojonegoro tersebut memaparkan kelebihan jika kuliah di Prodi PBSI. Ketika kuliah di PBSI, mahasiswa yang telah lulus bisa bekerja dan berprofesi apa saja.

Diantaranya pertama, bisa menjadi guru, karena guru bahasa Indonesia selalu dibutuhkan di semua tingkatan pendidikan. Kedua, Penulis naskah dan sastrawan. Ketiga, bisa menjadi editor dan penyunting buku di penerbitan. Keempat, bisa menjadi wartawan atau jurnalis.

Suasana Kuliah Perdana Prodi PBSI UMK via zoom meeting

“Kelima, mahasiswa PBSI yang lulus kuliah bisa bekerja di Lembaga Pemerintah seperti balai bahasa. Keenam mahasiswa pun bisa jadi artis, pemain teater, dan sutradara karena dalam mata kuliah di Prod PBSI ada mata kuliah pementasan drama yang membekali mahasiswa untuk akting atau bermain peran.” Kata narasumber kelahiran  Tuban, 21 Agustus 1985.

Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa, “Mahasiswa ketika lulus dari Prodi PBSI juga bisa berprofesi  sebagai MC profesional atau pembawa acara, motivator, serta menjadi youtuber. Di Prodi PBSI ada mata kuliah sinematografi yang membekali mahasiswa dalam membuat film, yang nantinya film itu harus diunggah di Youtube. Serta, mahasiswa pun bisa menjadi seorang wirausaha.” Kata Agus yang merupakan lulusan Program Doktor dari UNS Surakarta.

Eko Widianto yang merupakan dosen PBSI FKIP UMK menuturkan bahwa, kuliah bahasa Indonesia yang ia jalani dulu membawanya menjadi pengajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) di luar Negeri. Dengan kuliah di bahasa Indonesia, Eko mendapat pengalaman mengajar bahasa Indonesia di luar negeri. Peluang kerja lulusan bahasa Indonesia sangat besar.

“Saya berpesan bahwa utamakan bahasa Indonesia sebagai bahasa Negara, lestarikan bahasa daerah, dan kuasai bahasa asing.” Pesan Eko Widianto, yang pernah menjadi Pengajar BIPA di Tunisia dan di Vietnam.

Agus menjelaskan bahwa, belajar bahasa Indonesia itu penting. Bahasa itu kebiasaan. Kalau ingin meningkatkan kompetensi harus sering menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Orang luar negeri saja banyak yang tertarik mempelajari bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia itu punya banyak keunikan dan kelebihan.

“Bahasa Indonesia itu menarik, simpel, efektif, dan efisien. Jumlah penutur bahasa Indonesia di dunia juga banyak. Mahasiswa PBSI, Anda adalah pioner untuk bisa mengenalkan penggunaan bahasa yang baik dan benar di masyarakat. Bahasa yang baik adalah bahasa yang sesuai dengan situasi dan kondisi. Maka dari itu gunakan bahasa Indonesia sesuai dengan konteks, situasi, dan kondisi.”  Pungkas Agus Darmuki. (Ahs/Red).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *