ads

kudusnet.com

Informasi Lugas dan Terpercaya

Tingkatkan Pemahaman Bela Negara, Prodi PGSD FKIP UMK Selenggarakan Seminar Nasional bagi Dosen dan Mahasiswa

Kudusnet.com
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kudusnet.com– Prodi PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar) FKIP UMK selenggarakan kegiatan seminar nasional di hotel @Home pada Rabu (4/3) pagi. Kegiatan seminar yang diikuti oleh para dosen dan mahasiswa tersebut bertema “Bela Negara untuk Generasi Milenial.”

“Tujuan dari diselenggarakannya seminar ini agar para generasi milenial tahu apa itu bela negara, karena selama ini bela negara diidentikkan dengan militer. Padahal itu berbeda dengan di Indonesia. Belajar dengan tekun juga disebut dengan bela negara. Jadi supaya generasi milenial bisa tahu dan lebih paham mengenai bela negara.” tutur Deka Setiawan selaku ketua panitia seminar.

Melalui kegiatan seminar yang diikuti lebih dari 300 peserta tersebut, peserta mendapatkan penguatan tentang peran dan arti penting bela negara bagi dosen dan mahasiswa dari 2 narasumber yang didatangkan oleh panitia. Kedua nasarumber merupakan ahli di bidangnya, yaitu Prof. Dr. Suyahmo, M.Si. dan Dr. Leni Anggraeni, M.Pd.

“Kami mendatangkan 2 narasumber, dari Unnes dan UPI. Sedangkan untuk jumlah peserta pada seminar kali ini ada 315 peserta, yang terdiri dari 16 pemalah dan 299 peserta. Para pelakalah berasal dari UMK, ITB, UNS, STKIP PGRI Sidoarjo, Universitas Veteran Sidoarjo, dan UNJ Jakarta.” lanjut ketua panitia ketika ditemui.

Melalui sambutannya, Dekan FKIP UMK, Dr. Slamet Utomo, M.Pd. menyampaikan bahwa proses bela negara harus dilakukan oleh siapa saja. Sebagai dosen, mahasiswa, atau guru sudah menjadi kewajiban untuk menerapkan bela negara dengan melakukan tugas dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab. Selain itu, para peserta juga merasa sangat antusias dengan diselenggarakannya acara seminar tersebut. Mereka berharap setelah mengikuti seminar nasional ini, pemahaman mengenai bela negara bagi mahasiswa dapat bertambah.

“Bela negara sangat penting bagi mahasiswa ketika nanti terjun di lapangan, baik sebagai pendidik atau pun fasilitator bagi siswa. Arti pentingnya bela nela negara berarti kita harus dapat menyesuaikan diri atau dapat bekerja sesuai dengan karir atau pekerjaan yang ditekuni. Saya sebagai mahasiswa PGSD, berarti mampu merespon situasi dan kondisi ketika saya menjadi guru nantinya.” Ujar Wahyu Chandra, salah satu peserta dalam seminar. (AS12)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *