ads

kudusnet.com

Informasi Lugas dan Terpercaya

PESONA MASJID MENARA KUDUS

Kudusnet.com
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kudusnet.comKudus (9/1) Kudus merupakan salah satu kota religi dan bersejarah yang ada di Jawa Tengah. Salah satu wisata religi yaitu Sunan Kudus yang berada di Jl. Menara, Pejaten, Kauman, kec. Kota Kudus, Kabupaten Kudus Jawa Tengah. Kebanyakan para peziarah datang ke Sunan Kudus pada hari kamis malam jumat.

Tempat makan Sunan Kudus memiliki ciri khusus yaitu Masjid dan bangunan Menara. Masjid Menara Kudus merupakan peninggalan salah satu Wali Songo yaitu Sunan Kudus. Masjid menara kudus dibangun pada masa Sunan Kudus saat menyebarkan agama Islam di daerah Kudus, dibangun pada tahun 1549 masehi atau 956 hijriah. Masjid Menara Kudus memiliki keunikan pada pintu gerbang yang berbentuk candi.

Kalau melihat sejarah dari pembangunan Masjid Menara ini akan terlihat bahwa Masjid Menara Kudus dibuat bukan sekedar untuk tempat beribadah, namun juga merupakan tempat yang dibangun melalui proses adaptasi ajaran islam di Pulau Jawa. Pada waktu itu Masjid Menara Kudus menjadi tempat berdakwah Sunan Kudus yang mengajarkan agama Isklam di tengah mayoritas masyarakat yang memeluk agama Hindu dan Budha.

Salah satu rombangan dari Sumatra Barat sengaja datang ke Kudus ingin berziarah di Sunan Kudua serta ingin melihat keindahan Masjid Menara Kudua dan Banguna Menara. “ujar Basuki (55 tahun)”

Pada kesempatan saya bisa berkunjung serta beribadah sholat subuh di Masjid Menara Kudus. Dan juga bisa menikmati makanan khas Kudus yaitu lentog tanjung yang merupakan ciri khas sarapan orang kudus. “Ujar Hasan (18 tahun)” Nurul Afifah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *