ads

kudusnet.com

Informasi Lugas dan Terpercaya

Kelompok Kajian Kewirausahaan (KKK) Universitas Muria Kudus, Forum Kreativitas Mahasiswa Berjiwa Wirausaha

Kudusnet.com
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

KUDUS,Kudusnet.com- Setiap universitas memiliki sebuah fakultas yang mempunyai ciri khas tertentu. Salah satunya Universitas Muria Kudus. Seperti halnya slogan Universitas Muria Kudus. Slogan tersebut merupakan cerminan sikap dan perilaku para Mahasiswanya. Santun, cerdas, dan berjiwa wirausaha. Sehingga, hal tersebut dapat diaplikasikan oleh Mahasiswa universitas Muria Kudus.

Berjiwa wirausaha diharapkan untuk Mahasiswa agar dapat memiliki kesadaran berbisnis. Mengenai hal itu, Universitas Muria Kudus memiliki sebuah Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Selain pembelajaran saat perkuliahan. Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) memiliki kelompok kajian kewirausahaan (KKK). Kajian tersebut berada di bawah naungan fakultas.

Kelompok kajian kewirausahaan (KKK) diciptakan untuk menunjang kreativitas Mahasiswa program studi menejemen dan akuntansi dalam belajar berbisnis. Pembina kajian ini dari Dosen Fakultas ekonomi dan bisnis (FEB). Beliau Bapak Drs. Agus Sunarno Handoyono, S. H., S. Pd., M.M. Kelompok kajian ini dipegang oleh Mahasiswanya sendiri. Sehingga selain belajar kewirausahaan, juga belajar berorganisasi.

Kajian tersebut terdapat pengurus harian dan beberapa devisi. Pengurus harian terdiri dari ketua, wakil ketua, sekretaris, dan bendahara. Program kerja kelompok kajian kewirausahaan (KKK) dipegang oleh devisinya. Adapun devisi kominfo, devisi PSDM (pemberdayaan sumber daya Manusia), devisi ED ( education and development), dan devisi bidang usaha. Saat ini ketua kelompok kajian kewirausahaan (KKK) dijabat oleh Nadya Oktaviana dari program studi menejemen semester 5.

“Seru sekali kak, soalnya di kajian ini itu sering ngadain pelatihan-pelatihan berwirausahaan. Kayak buat produksi kecil-kecilan. Buat buket bunga, buket jajan gitu ya kayak buket-buket wisuda gitu sih.” Tutur Aldilla Chusnun Chajat anggota devisi kominfo.

Setiap hari selasa pukul 15.00 WIB, seluruh anggota kelompok kajian kewirausahaan (KKK) ada rapat rutin. Rapat dilaksanakan di basecamp KKK. Letak basecamp nya bersebelahan dengan basecamp Hima menejemen dan akuntansi. Tepatnya di belakang Gedung E lantai 2. Rapat rutin diadakan untuk membahas program kerja masing-masing devisi dan lain-lain.

Program kerja yang dilaksanakan yaitu mengadakan makrab internal, adanya pelatihan rutin, rapat setiap seminggu sekali, mengadakan pelatihan keterampilan kewirausahaan, seminar kewirausahaan, mengadakan acara fashion show dan expo kampus. Selain itu, kajian ini juga ikut berjualan saat acara wisuda kampus Universitas Muria Kudus. Biasanya menggelar stand kecil-kecilan. Hanya meja sederhana persegi Panjang dan beberapa kursi untuk berjualan. Barang jualannya ditata rapi di atas meja persegi Panjang.

“Pengalamanku di KKK ini banyak banget. Kebetulan kan aku ikut kelompok kajian ini sudah 2 periode. Jadi ya nambah teman ya nambah ilmu berbisnis mulai dari tekniknya, pengelolaannya, intinya diajarkan berbisnis secara kekinian sesuai kita gini sih generasi milenial”. Tandas Nifa Rinandra Putri wakil ketua devisi education and development (ED).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *